RSS

11 Gunung Terindah Di Indonesia




Di Indonesia banyak orang bilang adalah sepotong surga yang tertinggal di Bumi. Semua keindahan ada di Bumi Zamrud Khatulistiwa ini. Salah satu keindahan Indonesia ada pada gunung - gunungnya. Indonesia kaya akan gunung yang berderet hampir dari sepanjang ujung timur hingga barat. Apa saja gunung - gunung tercantik di Indonesia?

1. Gunung Semeru, Jawa Timur
Banyak sekali spot - spot yang terkenal indahnya. Contohnya Oro - oro Ombo, Danau Ranu Kumbolo dan Kalimati. Oro - oro Ombo merupakan padang bunga yang sangat cantik. Kalau Danau Ranu Kumbolo terkenal dengan keindahan sunrise di pagi hari. Sedangkan kawasan Kalimati terkenal indah sekaligus unik karena pasirnya yang hitam.


Belum cukup? Naiklah ke Puncak Mahameru, disana seolah dataran tanah Jawa terlihat dalam satu frame. Segala yang indah dari aspek vulkanologi maupun aspek biologisnya.

2. Gunung Kerinci, Sumatera
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatra sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung ini terletak di Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, di
Pegunungan Bukit Barisan atau sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Puncaknya berada pada ketinggian 3.805 Mdpl, dari sana pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Samudera Hindia pun bahkan bisa terlihat dengan jelas.


Gunung Kerinci memiliki kawah berisi air berwarna hijau dan terdapat danau Bento disebelah timurnya. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat Harimau Sumatra dan Badak Sumatra. Fauna Gunung Kerincipun juga beragam, ada mahoni, cemara, Bunga Raflesia Arnoldi dan Suweg Raksasa.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih berstatus aktif. Gunung ini terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Bromo berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bromo memiliki ketinggian 2.392 Mdpl.


Yang paling terkenal indahnya adalah pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 M dpl. Disana pengunjung bisa naik kuda atau mendaki Gunung Bromo dengan tangga. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah yang cantik. Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari - jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

4. Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Gunung Merbabu berada di Magelang dan Boyolali Jawa Tengah. Konon arti “merbabu” berasal dari gabungan kata “meru” ( gunung ) dan “abu” ( abu ). 

Puncak Gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 Mdpl. Gunung Merbabu menjadi pendakian populer karena gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi, tapi pemandangannya sangatlah indah.


Merbabu di kenal memiliki 7 buah puncak dengan 2 puncak tertinggi yaitu puncak Syarif ( 3.119 Mdpl)  dan Puncak Trianggulasi ( 3.142 Mdpl ). Gunung ini memiliki 5 buah kawah yaitu kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo. Gunung Merbabu juga mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

5. Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat
Gunung Tambora atau Tomboro terletak di pulau Sumbawa tepatnya terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu dan Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Keindahan alam Gunung Tambora sangat unik. Lebar kawah Gunung Tambora 7 km, keliling kawah 16 km, dan kedalaman kawah dari puncak sampai dasar kawah kedalaman 800m, sehingga kawah Gunung Tambora terkenal dengan The Greatest Crater in Indonesia ( Kawah Terbesar di Indonesia ). Kawah besar ini merupakan akibat dari adanya letusan terdahsyat di dunia terkenal dengan The Largest Volcanic Eruption in History.


Selain itu keindahan Gunung Tambora lainnya adalah padang pasir luas di sepanjang bibir kawah yang ditumbuhi bunga Edelweiss kerdil sekitar 0,5 – 1,5 meter. Juga adanya keindahan batuan - batuan berlapis dan pada bagian atasnya datar seperti meja menjadikan fenomena alam yang menakjubkan. Ada pula lapisan batuan sepanjang tebing kawah yang berlapis - lapis.

6. Gunung Papandayan, Jawa Barat
Gunung Papandayan terletak di Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.665 Mdpl. Papandayan mempunyai kawah yang masih aktif jadi bisa menghamburkan belerang kapan saja. Saat mendaki, Anda bisa menikmati pemandangan padang Edelweiss yang luar biasa cantik.


Efek letusan dan pepohonan yang mengering juga akan membuat pendakian jadi lebih menarik. Karena keindahan Gunung Papandayan juga digunakan sebagai tempat foto pre wedding.

7. Gunung Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 M dpl. Selain puncak, tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anakan, sebuah danau terletak di ketinggian 2.000m dpl. Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke segara anakan utk berendam di kolam air panas dan mancing.


Pemandangan puncak sangat indah. Jika cuaca bagus Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen - Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa bisa terlihat jelas dari sana. Disana ada mata air panas da nada juga air terjun Sendang Gile di Senaru.

8. Gunung Argopuro, Jawa Timur
Gunung Argopuro terletak di Jember, Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung yang memiliki trek terpanjang di Pulau Jawa. Pemandangan disana beragam dan tidak kalah eksotis dengan gunung lainnya. Kamu bisa menemui banyak sabana yang indah - indah. Sungainya pun juga jernih. Terdapat danau namanya Danau Taman Hidup.


Satwa disana juga sangat beragam seperti rusa, babi hutan, lutung, monyet dan lainnya. Argopuro juga punya hutan lumut yang memukau. Hutan lumut merupakan pepohonan yang diselimuti lumut.

9. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Pemo, Kelimutu


Salah satu penyebab gunung ini indah karena tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini terkenal karena tiga warna yang berbeda makanya disebut Danau Tiga Warna.

10. Gunung Ijen, Jawa Timur


Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 Mdpl. Yang paling terkenal keindahnya adalah Kawah Ijen. Perpaduan cantik antara air kawah yang hijau dan bebatuan yang berwarna putih. Cantik!

11. Puncak Jaya, Papua


Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4884 Mdpl dan di sekitarnya terdapat gletser Carstenzs, satu - satunya gletser tropika di Indonesia. Puncak ini pernah dinamai Poentjak Soekarno dan merupakan gunung yang tertinggi di Oceania.

Sumber :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates