RSS

Sepenggal Kisah Tentang Seleksi Mapa Angkatan 22


Malam itu gue lagi online di twitter nih. Kebetulan gue lihat ada timeline @mapagunadarma yang lagi open recruitmen angkatan baru. Karna gue emang dari dulu tertarik kegiatan yang berbau alam dan tantangan *ceilah* makadari itu gue berniat untuk mendaftarkan diri. Waktu itu penggambilan formulir dari tanggal 9-21 desember 2013 dan pengembalian formulirnya 24 desember, dan karna gue lagi sibuk nih  gue baru sempet ngambil formulir tanggal 23 dan gue balikin tanggal 24 desembernya ahaha.

Menurut gue ada yang sedikit berbeda dari oprect mapa yang sekarang sama tahun sebelumnya. Kalo yang angkatan sekarang sih ada acara seleksinya segala dan juga waktu daftarnya perlu ngisi biodata formulir yang berlembar lembar sama dikenakan biaya 
Rp 25.000.Sebenernya dulu waktu gue masih tingkat 1 gue juga udah pernah daftar mapa, tapi waktu itu prosesnya cuma daftar lewat via sms atau mention ke twitter mapa aja juga udah bisa. Tapi, karena dulu gue sama sekali gak pernah ngikutin rutinitas jadwal latihan mapa otomotis gue yaa berhentilah yaa. Karena waktu itu jadwal latihannya bentrok sama jadwal kuliah gue dan gue juga belum bisa bagi waktu, maklumlah gue masih maba takut kalo mau ngebolos kan anakyang rajin ahahha.Dan diangkatan sekarang  ini gue berusaha serius untuk mengikuti tahapan-tahapan menjadi anggota Mapa mudah-mudahan bisa sampai dapet nomor , (Amiiiinnn) yaa meskipun ada seleksinya tetep berusaha aja.

Nah untuk seleksinya waktu itu dijadwalkan tanggal 6-7 januari.  Tapi ternyata di undur jadi tanggal 11-12 januari.  Sebelum hari H waktu itu kita para calon anggota dikasih pengarahan terlebih dahulu dan juga latihan fisik seperti olahraga dikampus E. Seleksi kali ini ada 2, yaitu seleksi fisik sama seleksi tes wawancara.

Seleksi hari pertama sabtu, 11 januari 2014
waktu itu dapat info dari kakak-kakanya ternyata seleksi fisik nya diadaain di stadion UI dan kita semua disuruh kumpul “tepat jam 8am tanpa ngaret” karena katanya  yang terlambat dapat kemungkinan gak lolos. Dan kita semua akhirnya bergegas ngumpul distadion UI, alhasil pas udah sampe disana ternyata kakaknya juga belum ada akhirnya kita semua nunggu. Setelah beberapa jam berlalu akhirnya kakaknya dateng dan kita baru mulai jam 10, sumpah yaa ini ngaret banget, katanya sih sebelumnya kakak-kakanya ada rapat makanya pada telat yaa. (dasar yaa jam indonesiaa yekaan terkenal ngaretnya ahaha). 

Sebelumnya kita dikasih arahan dulu sama ngisi data dikertas  buat catatan waktunya. Dan setelah arahan selesai akhirnya mulai deh kita untuk mengikuti jenis-jenis seleksi latfis yang diujikan.Waktu itu gue sempet ngerasa takut gak mampu soalnya banyak banget jenis yang diujikan, salah satunya seleksi renang yang bikin gue takut L karena gue sama sekali gabisa renang.

Yang pertama kita disuruh keliling stadion UI tapi diluarnya sebanyak 5 kali dengan hitungan catatan waktu tercepat, jadi otomotis kita semua saling bersaing. Waktu gue baru denger disuruh keliling aja gue udah ngersa males banget karena gara-gara sebelumnya udah kelamaan nunggu. sumpah itu baru keliling sekali aja udah ngerasa capek banget,mungkin karena gue jarang olahraga juga yaa,  ditambah matahari yang mulai naik woooaaa panas, gerah, aus, capek pengen segera mengakhiri campur aduk semuanya. Tapi gue seneng karena gue urutan yang pertama selesai duluan buat cewenya yaa meskipun catatan waktu gue kurang memuaskan.  

Kemudian lanjut sprint 1 lap, waktu itu gue lawannya sama ira, dan gue juga alhmdulilah lebih unggul hehe. Terus lanjut push up, shit up, back up selama 1 menit dengan sebanyaknya, yaa  dengan waktu segitu diabandingin temen yang laen waktu itu gue lumayan lah. Tapi gue agak lemah di shit up nya. Lalu lanjut ke shuttle run entah deh apa yang bener namanya tapi yang pasti waktu itu mindahin batu dari satu titik ketitik yang dituju sampe 5 kali bolak balik dan itu juga cukup menguras tenaga. Sampe titik itu kita semua udah ngerasa capeeeek dan lemeeeees banget tapi sayangnya sedari tadi kita belum dibolehin minum sedikit pun.  Belum selesai sampai situ aja, setelah itu gue lanjut untuk pull up. Kita semua ngiranya gak bakal ada pull up ternyata tetep aja pull up.  Karena gue gabisa ngangkat badan atau pull up makanya gue cuma ngengantung selama 1 menit hehe. Cuma ngegantung selama satu menit ternyata capek juga. Daaaaaann akhirnya setelah pull up berakhir juga deh seleksi fisik buat hari itu yeeeaaayyy seneng banget gue . 
Dan akhirnya kita juga udah dibolehin minum yuhuuuu surga banget deh akhirnya air putih bisa masuk juga ketenggrokan setelah daritadi gue nanti-nanti. Pokoknya hari itu sungguh melelahkan banget.

Seleksi hari kedua minggu, 12 januari 2014
Seleksi di hari kedua ini gue ngerasa was –was banget deh, karena seleksi hari kedua ini ada seleksi renang sama wawancara. Okelaah wawancara gue bisa tenang tapi renang gue mana bisa , karena gue sama sekali gabisa renang, gue takut aja gak lolos Cuma gara gara nilai diseleksi renang gue kurang. Tapi karena gue ngerasa emang gak bisa renang makanya waktu diseleksi fisik hari pertama gue mencoba maksimalin.

Dan setelah didata antara yang bisa renang dan yang gak bisa dari 40 orang calon anggota ternyata malah lebih mayoritas yang gak bisa renang. Bahkan buat yang bisa renang aja gak ada setengahnya dari 40 orang, yaa itu cukuup sedikit membuat gue tenang hehe.

Akhirnya yang disuruh renang duluan buat kategori yang bisa renang dulu. Waktu kita semua disuruh mengambang selama 30 menit dan juga renang gaya bebas sejauh 100 meter dengan kedalaman kolam 4 meter oh no itu bikin gue makin takut. Yaa meskipun ada kakak-kakanya yang standby ngejagaain tetep aja gue dan yang lainyya juga ngersa takut.

Sewaktu gue mengamatin dari atas kusri pun gue ngeliat anak-anak yang bisa renang waktu mengambang aja gak ada yang bisa sampai 30 menit. Dan waktu renang sejauh 100 meter aja mereka ngerasa capek, malah ada yang bilang “lebih baik olahraga daripada disuruh renang”. Pertanyaan itu bikin gue makin takut, waktu itu cuaca lagi gak bersahabat banget, kondisi emang lagi ujan deras, bahkan deras banget. Sempet berpikir mungkin aja seleksinya diundut tapi nyatanya tetep dilanjutin.
 
Setelah nunggu lama, akhirnya tiba juga giliran gue untuk renang. Aaaakk sumpah kolam  sedalem 4 meter itu dalem banget,  gue disuruh ngambang tanpa pelampung dan si kakak juga pada jahat ngebiarin gue tenggelem. Karena hasilnya kacau, gue gak bisa ngambang akhirnya cuma beberapa menit  aja gue sama temen-temen yang laen disuruh naek. Setelah istirahat bentar, lanjut kelompok gue yang tadi disuruh balik kekolam dan disuruh renang. Disitu gue dapet tutor kak adit, itu sumpah kak adit jahat banget yang laennya pada dibimbing gue sendiri gak ditemenin L, gue juga dicegah-cegah buat pegangan dipinggir, pokoknya disuruh masuk ke air dan renang gitu aja, padahal gue sama sekali gak bisa renang. Dan gak lama kemudian gue dibantu kak maya, tapi tetep aja sama kejamnya ahaha. Gak ditolongin kalo gak bener-bener tenggelem, bahkan gue udah bener-bener tenggelem pun si kakak baru nyoba nolongin. Pokoknya waktu seleksi di aer ngersa capek iya takut juga iya. Tapi akhirnya gue berhasil renang dengan terbata-bata dengan waktu yang laaaaaama sejauh 50 meter doangsih muehehe tapi gue cukup bangga ahahha, karena akhirnya gue gak kenapa napa, meskipun udah minum air kaporit waktu tenggelem J dan diocehin segala macem dari kakak-kakaknya.  Pokoknya dari semua jenis yang diseksikan, waktu pas dikolam renang ini yang paling berkesan, karena bertaruh hidup dan mati *ceilaah lebaayynya

Karena seleksi renangnya udah pada selesai, kita semua disuruh gantian buat bersih-bersih mandi segala macem dan ganti pakain kemeja rapih terus balik kekampus lagi buat tes wawancaranya.

Buat seleksi wawancara nya ya normal kaya organisasi pada umunya yang ditanyain pastinya seputar organisasi itu, apa alsan kenapa masuk ke organisasi itu dan lain-lainnya. Waktu pas wawancara gue diwawancarain sama kak alim, yang ini kak alim baik banget, senyum-senyum mulu lagi ahahha, untungnya sih gue ga k diwawancarain sama kak adit haha.

Setelah semua selesai diwawancarain, ternyata buat pengumumannya gak bisa langsung hari itu soalnya banyak yang harus dipertimbangkan. Secara keseluruhan sih hasil seleksinya katanya kurang memuaskan dan banyak yang gak memenuhi harapan, dan sedikit dari 40 orang yang diloloskan, karena bukan cuma fisik, tapi mental dan perilaku juga diperhatikan. Hal itu cukup bikin gue berpikir takut gak lolos, tapi alhamdulilah waktu pengumuman gue termasuk yang lolos bareng 35 saudara gue, untuk 4 orang yang gak dilolosin itu sendiri ada alasan laen yang kita semua gak tau kecuali tim seleksinya, tapi kemungkinan besar karena mereka punya penyakit yang nantinya bisa membahayakan mereka juga.

Harapan gue kedepannya buat calon anggota mapa angkatan 22 selain lebih solid tetep semangat selalu semangat dan lebih semangat, karena masih banyak tahapan lainnya untuk menjadi anggota penuh  mapa gunadarma . Buat kalian semua saudaraku  TABAH SAMPAI AKHIR yaaa kita pasti bisa :) :* ({})

Sekian aja deh cerita tentang  seleski mapa nya, maaf kalo ada kata yang kurang gaenak atau subjek yang dikaitakn merasa gak suka, harap maklum yaa, karena manusia pasti gak luput dari dosa muehee sekali lagi maaf. Tunggu kisah tentang mapa laennya yang bakal gue posting hehehheh :D

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates