RSS

Tugas Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan




Bill Gates: Teknologi Harus Menjangkau Masyarakat Miskin di Negara Islam
Tim JalurTujuh| Rabu, 10 Oktober 2012 10:17| Dibaca 150 kali 


Pendiri sekaligus pemilik perusahaan raksasa komputer, Microsoft, Bill Gates mendesak negara-negara Islam untuk mendistribusikan teknologi secara merata. Yang terpenting menjamin bahwa teknologi bisa menjangkau ke orang-orang miskin.

Hal itu disampaikan Bill Gates saat menyampaikan pidato di Abu Dhabi, belum lama ini. Sebagaimana dikutip dari portal berita mancanegara, Telegraph, Bill Gates menyampaikan keinginannya agar masyarakat miskin bisa menikmati teknologi itu, di hadapan para syekh dan pangeran Abdu Dhabi.

Pernyataan Bill Gates tadi memang bertolakbelakang dengan tindakannya dalam hal bisnis teknologi. Menurut Telegraph, di satu sisi, Bill Gates menginginkan agar teknologi bisa terdistribusi secara merata ke warga miskin.

Tapi di sisi lain, Bill Gates menginvestasikan sejumlah uang yang besar untuk membiayai pembuatan software Windows, lalu dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Tentu saja dengan harga tinggi, produk tersebut tidak bisa terjangkau oleh masyarakat miskin, terutama di negara-negara dunia ketiga, seperti Indonesia.

Kendati demikian, Bill Gates setidaknya berusaha agar dalam menjalankan bisnis komputernya tetap tidak melupakan kebaikan untuk masyarakat miskin.

Harapan Bill Gates agar negara-negara muslim menjamin teknologi sampai ke masyarakat miskin agar negara-negar tersebut tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan negara-negara Barat. Namun dia tidak menyebutkan secara spesifik kesalahan negara-negara barat dalam hal pemeratan teknologi.

Bill Gates hanya menyatakan bahwa negara-negara muslim harus melakukan apa yang diabaikan oleh negara-negara Barat. Teknologi jangan hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat miskin.

Dalam kesempatan itu, Bill Gates juga menyinggung kegiatan amalnya yakni memberantas penyakit folio.
Dia juga sempat mengenang salah satu pendiri Apple, Steve Jobs. Baginya Steve Jobs adalah sahabat sekaligus pesaing utama. Dia juga memuji kehebatan Steve Jobs dalam menciptakan invovasi teknologi.

Opini / Pendapat :
Kurangnya pemahaman ilmu teknologi di perdalaman indonesia akibatnya memicu tingginya angka kemiskinan. Di era globalisasi ini ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah penting dan bermanfaat, apalagi untuk perdesaan ataupun daerah pedalaman yang masih belum terjamah oleh ilmu pengetahuan yang luas serta kemajuan teknologi yang pesat. Di daerah pedalaman Indonesia masih banyak yang belum mengetahui atau mengerti tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini. Di Indonesia bagian timur seperti papua, Maluku dan daerah timur lainnya mengalami keterbelakangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Hal ini di sebabkan wilayah mereka yang ada di pedalaman dan sulit di akses oleh orang lain.Sebagai contoh kita dapat bandingkan dengan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah perkotaan besar dan berkelas menengah keatas. Mereka dengan leluasa dapat menikmati kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah semakin berkembang, akan tetapi tak jarang juga masyarakat yang berkelas menengah ke bawah di luar daerah pedalaman sudah banyak yang dapat menikmati kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah pedalaman mengalami kelangkaan yang juga di sebabkan karna pembagian teknologi yang kurang merata, hal ini juga yang memicu angka kemiskinan di pedalaman sangat tinggi. Pemerataan ilmu pengetahuan dan teknologi ke daerah pedalaman yang di lakukan pemerintah di rasa belum membantu, karna bisa di lihat kemiskinan masyarakat di pedalaman hingga sekarang masih jadi sorotan. Walaupun kita tidak bisa memungkiri bahwa usaha pemerintah dalam meratakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk daerah pedalaman sudah lumayan baik walaupun belum memberikan pengaruh besar untuk angka kemiskinan di daerah pedalaman Indonesia. Awalnya kita hanya berfikir bahwa kemiskinan di Indonesia hanya di picu oleh sempitnya peluang kerja bagi masyarakat tetapi ternyata ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peran yang besar untuk meminimalisir angka kemiskinan di daerah pedalaman Indonesia, karena pengelolahan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik dan benar dapat menghasilkan suatu masyarakat yang secara moral dan material jauh lebih bagus.

Untuk keluar dari lingkar kemiskinan tentu saja masyarakat memerlukan ilmu pengetahuan yang luas. Sebagai contoh masyarakat menengah keatas, mereka selalu menomor satukan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi makanya sosialisasi mereka lebih bagus. Baik di lingkungan mereka sendiri maupun di lingkungan kerjanya. Di banding masyarakat menengah ke bawah, mereka rendah akan pengetahuan maka dari itu pemikiran mereka sangatlah sempit dan hanya mengandalkan keberuntungan mereka dapatkan saja. Oleh karena itu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merata sangatlah diperlukan untuk mensejahterakan dan mengeluarkan mereka sehingga pemerintah setidaknya sedikit dapat meminimalisir angka kemiskinan. Karna semakin maju perkembangan jaman, semakin maju pula perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan semakin berkembang kebutuhan hidup yg kita hadapi semakin berkembang pula ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.


1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas ni hehe tengkyu bacaanya :)

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates