RSS

KOMPONEN HARDWARE



Pemahaman Komponen Hardware

Perangkat keras (hardware) sebagai sub sistem dari sistem komputer jugamempunyai komponen , yaitu komponen alat masukan (input device), komponenalat pemrosesan (processing device) dan komonen alat simpanan luar (storage).
1. Input
Input terutama dijalankan dengan cara mengetikkan data keyboard, yang ini seperti mengetik dengan mesin ketik. Mouse juga digunakan untuk input. Kebanyakan komputer tidak dapat menerima data dalam bentuk komunikasi manusia biasa seperti percakapan atau dokumen tertulis. Oleh karenanya, kitaperlu mempresentasikan data ke komputer dengan suatu cara yang bisa memberikan konversi yang mudah ke bentuk elektronik yang didasarkan pulsanya sendiri. Hal ini biasanya dicapai dengan mengetikkan data ke dalam peralatan keyboard yang mengubahnya menjadi bentuk machine-sensible (yang bisa dirasa mesin). Perangkat keyboard hanyalah salah satu dari jenis input device (perangkat input). Dalam beberapa kasus, dokumen atau media yang bisa dibaca mesin dihasilkan sebagai bagian dari proses input. Data akhirnya akan masuk ke Storage (penyimpanan).
2. Proses
Pemerosesan dilakukan oleh mikroprosesor, meskipun ia mempunyai fungsi yang sangat berbeda, hampir sama konstruksinya dengan main memory, sebab ia merupakan jenis chip silikon lain. Ia juga ditempatkan pada papan sirkut elektronik. Pada sebagian besar komputer yang lebih besar, pemerosesan dilakukan oleh sejumlah chip terpisah, sebagai pengganti mikroprosesor tunggal. Komputer yang pemerosesannya dilakukan oleh mikroprosesor disebut mikrokomputer. Intruksi dipatuhi dan operasi aritmetik yang diperlukan, dan sebagainya, dilakukan pada data. Bagian yang mengerjakan hal ini disebut Arithmetic-Logical Unit (ALU). Selain menjalankan operasi aritmetik ia juga menjalankan operasi "logis". Operasi-operasi ini berjalan pada keceptan yang sangat tinggi, misalnya 10 juta angka bisa ditotal dalam waktu satu detik.
3. Kontrol
Setiap komputer mempunyai unit kontrol yang menjemput instruksi dari penyimpanan utama, menginterpretasikan instruksi itu, dan menerbitkan (mengeluarkan) sinyal yang diperlukan oleh komponen yang membentuk sistem itu. Ia mengarahkan semua operasi hadware yang diperlukan untuk mematuhi instruksi itu.
4. Penyimpanan
Penyimpanan (storage). Data dan instruksi memasuki main storage (penyimpanan utama), dan disimpan sampai diperlukan untuk bekerja. Instruksi tersebut mengarahkan tindak yang akan diambil pada data. Hasil tindakan tersebut akan disangga sampai ia diperlukan untuk output. Penyimpanan utama dilengkapi dengan auxiliary storage (penyimpanan tambahan) yang lebih murah, yang juga disebut backing storage (penyimpanan cadangan), (misalnya,hard disk (1,9) untuk tujuan penyimpanan massal. Penyimpanan cadangan berperan penting dalam menyangga "maintained data" (data yang dipelihara), yakni data yang disangga oleh komputer, sehingga ia bisa memberikan informasi kepada pemakai apabila diperlukan.
5. Output
Output mempunyai dua bentuk alternatif. Data bisa dicetak ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan laser printer atau bisa ditampilkan pada layar monitor. Hasil-hasil diambil dari penyimpanan utama dan dimasukkan ke output device (perangkat output). Perangkat ini bisa berupa printer, dimana dalam hal
ini informasi tersebut secara otomatis diubah ke bentuk tecetak (printed form)
yang disebut hard copy, atau mungkin data tersebut ditampilkan pada layar
monitor yang sama seperti layar pada set televisi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates