RSS

PENGENALAN KOMPUTER



Elemen Dasar Sistem Komputer

1. HARDWARE
Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer adalah serangkaian peralatan elektronik yang tergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.Seperangkat alat-alat elektronik ini adalah berupa mesin-mesin/komponen komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan peralatan/ komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan 'COMPUTER HARD-WERE'.
Dari uraian diatas maka Hardware dapat didefinisikan sebagai istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan dengan komputer.Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu:
- Input device
- Storage unit
- CPU (Central Processing Unit)
- Output device
Akhir-akhir ini kemajuan tekhnologi yang terus berkembang dan kebutuhan orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal kecepatan penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat pula.
Alat ini kita sebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer lain dengan jarak yang jauh sekali. Dengan adanya alat ini maka umumnya komputer-komputer sekarang ini pun selalu melengkapi alat ini sebagai kesatuan sistem komputernya. Jadi komponen yang membentuk suatu sistem komputer sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu:
- Input device
- Storage Unit
- CPU
- Output
- CCU (Communication Control Unit)
2. SOFTWARE
Software adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua
macam program yang bisa digunakan pada sistem komputer bersama dengan dokumentasinya yang tergabung. Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya, istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efesien antara manusia dan mesin komputer.
Fungsi komputer antara lain :
Mengidentifikasi program
Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan
   komputer terkontrol.
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efesien.
Yang termasuk software adalah :
Bahasa pemprograman dan kompilator
Routines (user program)
Application package (package programs)
Input/Output control system
Sistem operasi

3. BRAINWARE
Orang yang melakukan pendeskripsian semua elemen elektronik dan mekanik
dari komputer (hardware),adalah segala kegiatan manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Orang melakukan kegiatan ini karena sistem merupakan cara / proses untuk memasukkan data kedalam komputer, hasil akhir, atau jawaban tambahan dari beberapa cara yang lain. Bagian ini menjelaskan tugas-tugas yang terbaik kepada orang-orang atas sistem informasi dan bagaimana cara penampilan tugas-tugas yang berhubungan dengan sistem informasi itu sendiri.

1 komentar:

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates