RSS

Pentingnya Tanggung Jawab Dalam Diri Manusia




Kita pasti sering mendengar kata tanggung jawab, misalnya saat akan berbuat atau melakukan sesuatu maka anda akan berkata "saya akan bertanggung jawab" atau "siapa yang akan tanggung jawab", namun apakah kita paham apa arti dari tanggung jawab itu sendiri.



Tanggung jawab adalah perbuatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan kewajiban. Tanpa tanggung jawab maka kehidupan akan kacau. Misalnya saja, ada seorang pelajar yang tidak melakukan tanggung jawabnya untuk belajar sebagaimana mestinya dilakukan seorang pelajar, maka sekolahnya tentu akan berantakan. Atau ada orang tua tidak menjalankan kewajbannya sebagai orangtua untuk mencari nafkah bagi anak-anaknya dan tidak mengajari anak-anaknya, tentu saja anak-anaknya akan mengalami kesusahan dan mengalami kebodohan.

Kita tahu, semua manusia tidak lepas dari tanggung jawab. Maka dari itu sebuah tanggung jawab, mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Jika kita tidak punya tanggung jawab, kita tidak akan ada tujuan hidup didunia ini dan mungkin cuma sebagian orang yang memahami.

Dalam membina sebuah tanggung jawab, itu tidak mudah, apalagi kalau bukan milik kita.
Contoh kecil, Kita pinjam barang dari seseorang dan karena barang itu bukan milik kita, kita seenaknya menaruhnya. Bahkan kadang-kadang dalam pemakaianya asal saja. Begitu sipemilik menanyakan barangnya, barang tersebut lain bentuknya sedikit lecet atau mungkin rusak dan itu disebabkan kurangnya tanggung jawab dalam merawatnya.

Kita pasti tidak ingin dicela orang, tapi begitu kepercayaan sudah disalah gunakan. Mungkin perlu waktu lama, untuk memulihkan kepercayaan seseorang kepada kita. Karena, dari rasa tanggung jawab pula kepercayaan itu akan mudah kita dapatkan. Meski kita tidak minta seseorang untuk percaya, dengan sendirinya kepercyaan itu akan datang.

Dalam kehidupan sekarang ini, mungkin? Sedikit orang yang bisa dipercaya dan penyebab rasa tanggung jawab atau kepercayaan itu hilang adalah faktor ekonomi. Misalnya, kita sebagai suami kuat, tapi si istri tidak bisa menahan godaan atau sebaliknya maka terjadilah suatu perbuatan yang melanggar, karena itu bukan hak kita.


Pentingya tanggung jawab dalam diri seseorang adalah agar orang tersebut tidak mengalami kegagalan atau kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Karena dengan adanya tanggung jawab kita akan mendapatkan hak kita seutuhnya. Dengan tanggung jawab juga orang akan lebih memiliki simpati yang besar untuk kita, dengan sendirinya derajat dankualitas kita dimata orang lain akan tinggi karena memiliki tanggung jawab yang besar.





0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates