RSS

Melihat Kemampuan Diri dengan Mencoba Pengalaman Baru


Seorang dosen mencoba memberi arahan kepada kami untuk mencari di beberapa situs lowongan kerja di internet :
1. Apa jenis pekerjaan/profesi yang sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang sesuai dengan jurusan Sistem Informasi?
2. Apa yang perusahaan inginkan dari seorang fresh graduate?
3. Berapa besar gaji yang bisa didapat dari jenis pekerjaan tersebut?
4. “Jurus kamehameha” (hardskill) apa yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut?
Oke, kita jawab satu-persatu :
1. Setelah saya survey di beberapa situs lowongan kerja (JobsDb dan Jobstreet Indonesia), peluang kerja untuk lulusan Sistem Informasi antara lain Programmer, Junior Manager Assistant , System Analyst Assistant, Application development, Monitoring System, Search Engine Optimizer, Network Administrator, dan beberapa pekerjaan yang masih berkaitan dengan teknologi informasi lainnya. Perusahaan yang membutuhkan adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari perbankan, keuangan, asuransi, otomotif, industri software, dan lainnya.  Sistem kerja ada yang tetap, per jam, kontrak, paruh waktu, dan sebagainya.

2. Seorang fresh graduate yang diinginkan perusahaan adalah seorang yang rajin, jujur, mau mempelajari berbagai hal baru, mampu berkomunikasi yang baik, menguasai bahasa asing (aktif, pasif, baik tulisan maupun lisan), mampu bergaul dan cepat beradaptasi, serta syarat-syarat seperti kemampuan pemrograman, analisa, dan standar IPK minimal 2,75 dan 3,00.
3. Nah, bicara soal gaji maksimal Rp. 7.000.000,- (tapi lupa untuk pekerjaan apa dan di perusahaan apa). Kebanyakan perusahaan masih membuka negosiasi soal berapa jumlah uang yang akan diberikan kepada karyawannya.
4. Kebanyakan perusahaan membutuhkan pegawai yang mengerti cara mengoperasikan komputer (terutama sistem operasi Windows), Pemrograman baikdatabase, prosedural maupun berbasis objek (C#, Java, PHP, MySQL, ASP.NET,VB.NET),  mengetahui tentang jaringan komputer dan konfigurasi dasar jaringan, megerti tentang resource planning dan ilmu tentang manajemen perusahaan.


Oke,,, pada postingan kali ini saya akan memberitahu hal - hal yang harus dikuasai oleh seorang Sarjana jurusan Sistem Informasi agar mereka lebih cepat diterima dilapangan kerja.

Dari banyaknya lowongan kerja yang saya ketahui, baik di internet, media cetak, bahkan bertanya langsung sama yang sudah berpengalaman, untuk lulusan Sistem Informasi ada beberapa hal yang sangat penting yang dilihat oleh suatu perusahaan. Yaitu :

>> Umur <<
untuk lulusan S1 Sistem informasi menurut yang saya ketahui itu biasanya usia maksimal melamar 26-35 tahun baik bagi pria maupun wanita. Tapi tidak semua perusahaan juga yang memiliki kebijakan seperti itu. Itu tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri.

>> Nilai Kelulusan <<
Seperti yang saya ketahui kebanyakan dari perusahaan mencantumkan Nilai minimal yang harus didapat. Karena menurut mereka nilai melambangkan keseriusan  seorang sarjana dalam menjalankan perkuliahan yang akan berpengaruh pasa sifatnya dalam bekerja, yang melanbangkan serius atau tidakkah jika mereka diterima di perusahaan tersebut nantinya.  Biasanya perusahaan memberikan minimal nilai untuk seorang lulusan S1 Sistem Informasi dengan IPK 3,00. Tapi itu juga tergantung kebijakan perusahaan itu sendiri. Ada juga perusahaan yang meminimalkan nilai IPK yaitu 2,75. Bahkan juga ada perusahaan yang meminimalkan IPK 3,25.

>> Pengalaman <<
Pengalaman merupakan hal yang penting juga dalam melamar kerja. Dimana-mana ataupun hampir setiap perusahaan menanyakan pengalaman kerja seorang pelamar. Karna dengan begitu mereka tahu sejauh mana kemampuan pelamar tersebut terjun kedalam dunia kerja.

Selain itu, jika seorang pelamar kerja sudah memiliki pengalaman kerja, mereka biosa mengajukan surat permohonan tawaran gaji yang ditawarkan oleh suatu perusahaan tersebut.
Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang meminimalkan pengalaman kerja minimal 1tahun atau 2tahun.

>> Bahasa Inggris <<
Kemampuan dalam berbahasa inggris dalam dunia kerja saat ini sudah dikatakan sangat wajib sekali.
Biasanya perusahaan perusahaan besar selalu meminta sertifikat bahasa inggris ataupun sertifikat ITP  TOEFL score minimal 500 atau IELTS score minimal  5,5 . Biasanya , yang tidak memiliki sertifikat tersebut, perusahaan perusahaan besar tersebut akan meminta pelamar untuk mengikuti tes kemampuan bahasa inggris yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut.

>> PROGRAM yang dikuasai <<
Program yang dikuasai adalah hal yang sangat penting bagi lulusan S1 Sistem Informasi.  Karena jika mereka diterima kerja nanti, pekerjaan mereka sehari hari adalah menjalankan program program yang dipakai perusahaan tersebut. Biasanya program yang sering dipakai diperusahaan adalah : Bahasa program PHP, Delphi, basis data oracle MySQL dan Visual Basic. Selain itu, pelamar juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan MS.Word, MS.Exel dan Power Point .


Saya seorang mahasiswi jurusan sistem informasi yang berada disemester 7, untuk sampai saat ini saya sendiri pun merasa belum memilki semua kemapuan yang disebutkan di atas. Namun untuk menambah pengalaman dan sekedar mencari kesibukan saya mendaftar sebagai staff monitoring mahasiswa. Alhamdulillah saya sudah menajabat hampir 2 periode kepengurusan, dari petugas dan naik menjadi seorang pengawas monitoring mahasiswa 2015/2016 bersama 12 rekan saya yang dari depok.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates