RSS

Kelebihan Open Source




Kelebihan menggunakan Open Source
 
Open Source adalah sebuah sistem baru dalam mendistribusikan perangkat lunak kepada pengguna dengan memberikan program dan source code nya secara gratis. Bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Dari uraian di atas, kita tidak hanya bisa menggunakan open source secara bebas tetapi kita juga bisa mengembangkan open source tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita, tentunya kebebasan itu tetap bertumpu pada etika dan peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Open source mempunyai sifat bebas digunakan, bebas dipelajari, bebas dimodifikasi dan bebas disebarluaskan. Awal mula dari open source karena adanya belenngu industri software pada tahun 1971 yang menutup semua source code yang sudah terkompilasi dalam bentuk biner dan pelarangan modifikasi (eksklusif). Dimulai dari tahun 1983 lahirlah sebuah proyek GNU oleh Richard M Stallman yang kemudian pada tahun 1991 lahir GNU/Linux oleh Linus Trovalds, dari sinilah muncul gerakan free/open source sampai sekarang.

Namun, terdapat isu-isu keamanan yang dihadapi sistem open source, mencakup beberapa filosofi keamanan umum dan bagaimana membuat lebih aman sistem tersebut dari para penyusup. Beberapa pengguna komputer yang merupakan anggota dari komunitas pengguna Open Source Software (OSS) dan free software berpendapat bahwa kode program mereka lebih aman karena kelemahan kode program mereka lebih mudah ditemukan dan diperbaiki oleh pemakai program tersebut. Sementara itu, komunitas hak-hak kepemilikan berpendapat bahwa pembukaan akses ke kode program pada OSS akan memudahkan bagi beberapa kelompok tertentu untuk menyerang program tersebut.

Fitur-fitur utama dari karakteristik open source adalah kebebasan user untuk:
a.      Menggunakan software sesuai keinginannya.
b.      Memiliki software yang tersedia sesuai kebutuhan.
c.       Mendistribusikan software kepada user lainnya.

Berkembangnya open source berkat kerjasama dan dukungan dari komunitas yang mempunyai satu kesamaan ketertarikan sehingga lahirlah sebuah komunitas yang menghasilkan distro baru. Dengan menggunakan opensurce sebetulnya banyak kelebihan yang bisa kita peroleh antara lain:

Sisi pengguna:
1.      Gratis
2.      Pengguna dapat terlibat dalam pengembangan program karena memiliki source code nya.
3.      Respon yang baik dari pemakai sehingga bug dapat ditemukan dan diperbaiki dengan         lebih cepat.
Sisi developer:
1.     Seluruh komunitas mau dan dapat membantu untuk membuat software anda menjadi lebih baik.
2.     Tidak ada biaya iklan dan perawatan program.
3.     Sebagai sarana untuk memperkenalkan konsep anda

Namun, secara keseluruhan kelebihan dari pada open source adalah sebagai berikut :
1.     Adanya hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code.
2.      Ketersediaan source code dan hak untuk memodifikasi.
3.    Tidak disandera vendor ,open source menggunakan format data terbuka, sehingga data menjadi transparan dan bisa dengan bebas diproses di sistem komputer yang berbeda-beda, sambil tetap menjaga keamananya. Dengan demikian, konsumen tidak lagi terikat pada kemauan vendor untuk dapat menggunakan data-datanya.
4.  Banyaknya tenaga (SDM) untuk mengerjakan proyek, Proyek open source biasanya  menarik banyak developer, misalnya: pengembangan web server Apache menarik ribuan orang untuk ikut mengembangkan dan memantau.
5.   Membebaskan dari beban moral pembajakan, Dengan menggunakan open source kita    dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi yang bisa merugikan vendor software dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan (crack).
6.    Kualitas produk lebih terjamin, hal ini dikarenakan evaluasi dapat dilakukan oleh banyak orang sehingga kualitas produk dapat lebih baik. Namun, hal ini hanya berlaku untuk produk open source yang ramai dikembangkan orang. Tidak selamanya open source dikembangkan oleh banyak orang, karena bisa juga dilakukan oleh individual.
7.   Hemat biaya, sebagian besar developer ini tidak dibayar. Dengan demikian, biaya dapat dihemat dan digunakan untuk pengeluaran yang tidak dapat ditunda, misal membeli server untuk hosting web.
8.      Kualitas produk lebih terjamin, Hal ini dikarenakan evaluasi dapat dilakukan oleh banyak  orang, sehingga kualitas produk dapat lebih baik. Namun, hal ini hanya berlaku untuk produk open source yang ramai dikembangkan orang. Tidak selamanya open source dikembangkan oleh banyak orang, karena bisa juga dilakukan oleh individual.
9.     Lebih aman (secure), Sifatnya yang terbuka membuat produk open source dapat dievaluasi oleh siapa pun. Public scrutinity merupakan salah satu komponen penting dalam bidang keamanan. Secara umum, open source memiliki potensi untuk lebih aman meskipun dia tidak terkendali secara otomatis. Namun, hal ini dapat tercapai, jika security by obscurity bukan tujuan utamanya.

Namun, disamping banyak keuntungan diatas, open source juga memiliki beberapa kerugian, yaitu :
1.      Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source, Ketersediaan source code yang  diberikan dapat menjadi sia-sia, jika SDM yang ada tidak dapat menggunakannya. SDM yang ada ternyata hanya mampu menggunakan produk saja, Jika demikian, maka tidak ada bedanya produk open source dan yang propriertary dan tertutup.
2.    Tidak adanya proteksi terhadap HaKI, Kebanyakan orang masih menganggap bahwa open source merupakan aset yang harus dijaga kerahasiannya. Hal ini dikaitkan dengan besarnya usaha yang sudah dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Karena sifatnya dapat di-abuse oleh orang-orang untuk mencuri ide dan karya orang lain.
3.      Kesulitan dalam mengetahui status project.
4.      Tidak ada garansi dari pengembangan.
5.      Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi             sebelumnya.
6.      Untuk beberapa platform, contohnya JAVA yang memiliki prinsip satu tulis dan bisa          dijalankan dimana saja, akan tetapi ada beberapa hal dari JAVA yang tidak competible dengan platform lainnya. Contohnya J2SE yang SWT – AWT bridge-nya belum bisa dijalankan di platform Mac OS.
7.     Open Source digunakan secara sharing, dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan yang lain, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama.

Jadi, dari informasi kelebihan dari open source yang begitu banyak apa salahnya jika kita mencoba software ini, Dalam dunia open Source program yang anda buat dapat anda sebar luaskan dan jual belikan secara gratis dan satu hal keuntungan jika software anda populer maka software anda akan dipelihara oleh sekelompok komunitas yang bekerja sukarela untuk memperbaiki software tersebut,lebih baik bekerja dengan open source karena dapat memajukan bangsa dengan sumbangsih kita daripada kita bekerja untuk memperkaya orang lain.


Sumber :


1 komentar:

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates