RSS

TULISAN 2. Manusia dan Kebudayaan



TANGGUNG JAWAB MANUSIA TERHADAP KEBUDAYAAN

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai  perwujudan kesadaran akan kewajibanmya. Setiap orang sebenarnya memiliki tanggung jawab untuk melestarikan budaya, mulai dari bahasa, lagu, tarian dll. Karena rasa tanggung jawab itu yang membuat seseorang mau melestarikan budaya.

Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara, yaitu suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri, dan apabila perbuatan itu salah, maka harus bertanggung jawab kepada negara.

Seperti pada kisah penari gandrung, singkat cerita ada seorang anak yang diangkat menjadi anak oleh seorang penari gandrung. Setalah anak itu sembuh, dia mulai diajarkan tari gandrung oleh ibu angkatnya itu. Karena anak ini memiliki tanggung jawab untuk membalas budi ibunya karena telah mengangkatnya menjadi anak sekaligus tanggung jawab untuk melestarikan budaya juga maka dia mau berlatih tari gandrung. Saat tumbuh dewasa dia benar-benar menjadi penari gandrung.


 
Tari Gandrung

Tari Gandrung adalah salah satu jenis tarian yang berasal dari Banyuwangi. Tarian Gandrung dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setiap habis panen. Kesenian ini masih satu genre dengan seperti Ketuk Tilu di Jawa Barat, Tayub di Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat, Lengger di wilayah Banyumas dan Joged Bumbung di Bali, dengan melibatkan seorang wanita penari profesional yang menari bersama-sama tamu (terutama pria) dengan iringan musik (gamelan). Gandrung merupakan seni pertunjukan yang disajikan dengan iringan musik khas perpaduan budaya Jawa dan Bali. Tarian dilakukan dalam bentuk berpasangan antara perempuan (penari gandrung) dan laki-laki (pemaju) yang dikenal dengan “paju”.

Bila saja banyak orang seperti itu yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap budaya, mungkin tidak akan ada budaya yang punah.


Budaya di Indonesia kita ketahui bermacam-macam dan mempunyai khas tersendiri. Kita sebenarnya bertanggung jawab dalam bertindak dan tidak dapat semaunya sendiri, bertanggung jawab untuk memeliharan dan menajaga kelestarian budaya merupakan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia



Manusia sebagai mahkluk sosial tentunya tidak dapat hidup sendiri dan harus bermasyarakat dengan individu lainnya, oleh karena itu setiap anggota masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama dalam masyarakat misalnya tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan ketentraman di lingkungan masyarakat tersebut. Berbudaya pun kita diharapkan untuk bertanggung jawab antar sesama,keluarga dan negara. 




Pengabdian kita sebagai masyarakat indonesia untuk budaya dengan mempelajari, menerapkan, dan membagi ilmu budaya indonesia ke masyarakat, tidak hanya dengan kita bisa menari tetapi dengan mempelajarinya asal tarian tersebut atau bagaimana asalnya tari tersebut dari asal tarian tersebut. sehingga buat anak cucu kita bisa mengenal budaya kita sendiri bukan budaya western atau lebih dikenal dengan kebaratan.

pada kejadian saat ini banyak orang-orang yang melakukan kejahatan tidak mau bertanggung jawab dan memperbaiki kesalahan atas apa yang mereka perbuat, dikarenakan ia melakukan hal tersebut demi kelangsungan hidupnya. Tetapi cara yang mereka gunakan itu salah. Sehingga dapat merugikan orang lain. ada juga yang tidak bertanggung jawab dalam menjaga hasil sejarah indonesia misalkan stupa di candi yang mereka jual untuk menghasilkan uang yang banyak.

Sumber :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates