RSS

#Tulisan Manusia dan Cinta Kasih


Cinta Kasih dalam Kehidupan


Dalam hidup manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan dari yang namanya Cinta dan kasih sayang. Dari manusia mulai dilahirkan ke dunia ini oleh Tuhan Yang Maha Esa sampai kita meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Baik kita yang memberikan cinta kasih tersebut atau bahkan kita yang menerima cinta kasih tersebut. 

Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. 

Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut :
·         Perasaan terhadap keluarga
·         Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
·         Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
·         Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
·         Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
·         Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
·         Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
·         Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
·         Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
·         Perasaan
·         Pengenalan
·         Tanggung jawab
·         Perhatian
·         Saling menghormati

Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang atas sesama. Cinta semacam ini adalah perasaan saling menghargai antara satu dengan yang lain, tidak memperdulikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara kita. Cinta dan kasih memburuhkan ketulusan dan pengorbanan  dan rasa saling toleran anatar satu dengan yang lainnya.

Cinta dan kasih bukanlah perasaan menyukai atau rasa ingin memilki, tetapi cinta dan kasih adalah rasa saling menghormati dan rasa saling menghargai walaupun kita mempunyai banyak perbedaan anatar satu dengan yang lainnya. Jika kita mempunyai rasa cinta dan kasih terhadap sesama, maka akan melahirkan perdamaian di dunia atau pun di lingkungan.

Cinta dan kasih bisa dicontohkan dengan adanya sikap toleransi, misalnya kita mempunyai teman yang berbeda agama, maka kita harus menghormati keyakinannya dan emghargai perbedaan itu, agar kita tidak saling memusuhi.
Saling bermusuhan tidak aknan menciptakan kedamaian dalam diri kita. Kita harus saling menghormatinya sebagaimana dia menhormati kita. Kita harus menghargainya sebagaimana dia menghargai kita.

Kedamaian di dunia tidak akan tercipta tanpa adanya cinta dan kasih. Cinta dan kasih tidak akan tercipta tanpa adannya rasa saling menghormati dan menghargai dan juga sikap toleransi. Setiap perbedaan akan melahirkan keberagaman yang sangat indah jika kita renungkan, perbedaan akan menjadikan dunia ini semakin berwarna, dan hanya dengan cinta kasihlah kita dapat memahami arti perbedaan itu.

Cinta dan kasih adalah ajaran utama bagi manusia. Setiap manusia yang ada di dunia ini dilahirkan dari perasaan cinta dan kasih antara kedua orang tua kita, dan begitupun sebaliknya, kita hanya akan bisa membalas cinta dan kasih kedua orang tua kita dengan cinta dan kasih kita.

Jika kita ingin hidup aman dan damai di dunia ini, maka ciptakanlah rasa saling peduli, saling tolong menolong, dan juga membantu orang lain yang sedang kesusahan. Cinta dan kasih bisa diwujudkan dengan memberi sumbangan kepada orang yang tidak mampu, memberi pertolongan kepada orang yang sangat membutuhkan, memberi perhatian kepada orang yang dikesampingkan, dan juga mengangkat martabat orang-orang yang tertindas haknya.

Begitu banyak kekacauan di dunia ini yang ditimbulkan oleh tidak adanya rasa cinta dan kasih terhadap sesama kita. Padahal, jika kita saling menghargai dan menebarkan rasa cinta dan kasih kita kepada orang lain, maka orang lain juga akan menebarkan rasa cinta dan kasihnya kepada kita.

Oleh sebab itulah, selalu tebarkan rasa cinta dan kasih kita kepada orang lain, agar kedamain selalu tercipa di lingkungan kita ataupun di dunia kita. Kedamaian hanya akan tercipta dengan adanya rasa cinta dan kasih terhadap sesama.

Cinta Kasih adalah Naluri Pemberian Tuhan
Adalah sebuah sebuah hal yang lumrah dan wajar bagi manusia untuk memiliki rasa cinta dan kasih kepada orang lain. Karena memang cinta kasih ini adalah sebuah naluri yang telah diberikan manusia sejak lahir. Setiap manusia memang telah dilahirkan dengan memilki naluri untuk menyayangi dan mencintai manusia yang lain.

Naluri untuk mencintai ini tidak hanya hanya diberikan kepada lawan jenis saja misalnya seorang lelaki kepada seorang wanita yang ia cintainya atau pun sebaliknya, Namun, dengan naluri inilah seorang ibu bisa sangan mencintai anaknya, atau juga seorang bapak juga mencintai anaknya, atau juga sebaliknya anak yang mencintai dan menyayangi orang tuanya.

Dengan adanya naluri inilah maka keberlangsungan jenis manusia bisa dapat dipertahankan dan manusia tak akan pernah punah. Mengapa bisa dikatakan demikian? Perkataan manusia bisa punah sangatlah jauh dari sebuah kenyataan yang dapat terjadi.

Namun memang sejatinya, naluri cinta dan kasih inilah yang memang telah sengaja diberikan Tuhan Yang Maha Esa bersamaan dengan penciptannya manusia untuk hal ini, menjaga keberlangsungan jenis manusia sehingga manusia tak akan pernah punah.

Dengan naluri cinta dan kasih ini, manusia yang satu dapat tertarik kepada lawan jenisnya. Perasaan awal yang bermula dari sekedar rasa tertarik ini tentunya akan memiliki akhir yaitu perasaan untuk menyayangi dan mencintai manusia yang lainnya.

Inilah yang akan menjadi dasar adanya sebuah pemikiran di dalam islam.
Walau pun memang tak semua pernikahan harus memilki syarat terdapatnya rasa tertarik antara kedua orang manusia tersebut. Karena sejatinya rasa cinta dan sayang dapat dipupuk sepanjang waktu berjalan. Terlebuh hal ini akan lebih mudah dilakukan jikayang dilakukan adalah untuk menggapai keridhoan dari Allah SWT.

Setelah terjadinya pernikahan. Dengan pernikahan ini, akan ada hubungan seksual yang sekali lagi didasari pada sebuah perasaan cinta dan kasih pada pasangan. Jika memang Allah menghendaki maka hubungan badan anatar suami dan istri ini akan menghasilkan sebuah janin yang akan menjadi calon manusia baru.

Janin ini akan tertanan di rahim si wanita yang tak lama lagi akan disebut dengan ibu. Selama kurang lebih sembilan bulan, janin di rahim si ibu akan terus berkembang dan tumbuh sampai akan tiba waktunya si janin siap untuk dilahirkan.
Pada masa mengandung si janin pun, naluri cinta dan kasih sayang ini juga sangat memainkan perannya. Hal ini dapat terlihat jelas dari perasaan yang ada dan dialami oleh si ibu.

Walau pun sebagian besar wanita melewati masa kehamilan dengan keadaan yang tak selalu sehat dan normal namun, kebanyakan dari mereka tetap menikmati keadaan itu. Hal ini terjadi karena adanya perasaan bahagia bahwa sebentar lagi akan ada calon manusia baru yang akan ia lahirkan dari rahimnya.

Terlebih ketika mengalami proses melahirkan yang memang dialami dengan penuh kesakitan yang sangat. Si ibu akan merasakan hilangnya rasa sakit yang telah baru saja dirasakan setelah melihat lahirnya bayi yang selam sembilan bulan ini ia akandung di dalam perutnya. Kebahagiaan dan perasaan cinta dan kasih akan menutupi dan menyinarkan segala rasa sakit yang dialami. Semuanya karena naluri cinta dan kasih ini.

Naluri cinta dan kasih ini tidak hanya berhenti pada titik ini saja. Naluri cinta dan kasih ini justru akan semakin berkembang dan dirasakan oleh orang tua dan anak sejalan dengan perkembangan kehidupan si anak, dan si anak tersebut terkadang dijadikan sebagai alasan untuk terus memberikan kehidupan yang layak.

Orang tua terutama ibu membesarkan dan mengasuh si anak dengan penuh rasa kasih dan sayang. Segala perasaan capek dan lelah dalam mengasuh anak tak dirasakan lagi ketika dapat melihat anak tumbuh lebih besar dan besar lagi setiap harinya.

Naluri dan cinta kasih ini akan membimbing orang tua untuk mendidik dan mengasihi anak dengan perasaan cinta pula. Inilah yang disebut bahwa naluri cinta kasih tak hanya untuk pasangan lawan jenis saja namun juga ada antara orang tua dan anaknya. 

Pengendalian Naluri Cinta Kasih
Banyak masalah yang timbul dari pelampiasan naluri dan cinta kasih ini. Terutama jika naluri ini berkenaan dengan perasaan cinta dan sayang yang ada untuk lawan jenis. Ketika sudah ada perasaan tertarik di hati kepada lawan jenis maka seakan – akan hati akan selalu menuntun untuk selalu mengingat di pujaan hati.

Hati akan selalu mengajak piiran dan otak untuk selalu memikirkan dia. Bahkan ketika dalam tataran yang sudah sangat ekstrim, yang ada adalah keinginan untuk selalu bertemu, melakukan kontak fisik seperti berpegangan tangan, berpelukan atau bahkan berciuman. Bhakan sampai ada yang sudah memilki fantasi untuk melaukakan apa yang selayaknya dilakukan oleh lawan jenis.

Dalam hal ini, naluri cinta dan kasih ini dapat dikendalikan. Naluri ini tak harus slalu dituruti. Ketika ingin bertemu si dia makan apa pun harus dilakukan untuk dapat bertemu dengan si dia. Naluri ini sekali lagi dapat dikendalikan.

Cara pengendaliannya adalah dengan mengalihkan timbulnya naluri ini kepada hal lain. Misalnya, ketika bayangan si dia muncul di dalam hati yang juga memunculkan perasaan untuk bertemu atau pun memeluk si dia maka pikirkan dibawa untuk memikirkan hal yang lain.

Hal ini terutama harus banyak dilakukan oleh para remaja kita. Mereka belum pada waktu yang tepat untuk memikirkan hubungan yang serius. Untuk itu, pengalihan dapat dilakukan dengan melakukan hal lain yang lebih positif misalkan lebih berkosentrasi lagi untuk menimba ilmu, atau pun fokus untuk masalah pelajaran, menyibukkan diri dengan membaca buku pengetahuan atau ilmu agama serta melakukan hal lain yang lebih bermanfaat

Itulah bagaimana naluri cinta kasih ada di dalam kehidupan manusia.

"Cinta adalah Anugrah yang luar biasa dari Tuhan YME, oleh karena itu kita yang diberikan anugrah tersebut wajib menjaganya. Karena tanpa cinta dan kasih sayang manusia tidak akan pernah bisa hidup, tidak akan ada yang namanya masyarakat,negara bahkan kehidupan. Sayangilah Tuhanmu,Dirimu dan Sesamamu "








0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates