RSS

TULISAN 6.Manusia dan Penderitaan



PENDERITAAN SEBAGAI PENGALAMAN HIDUP DAN CARA BERSYUKUR

Banyak faktor yang membuat manusia itu menderita. Tetapi yang paling menentukan ialah faktor manusia itu sendiri. Manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa, serakah, tidak berhati-hati dan sebagainya. Keadaan demikian ini tidak mempunyai daya tarik dan tidak menyenangkan, karena nilai kemanusiaan telah diabaikan, dan dikatakan tidak indah. Yang tidak indah itu harus dilenyapkan karena tidak bermanfaat bagi kemanusiaan.

Kehidupan Manusia adalah jenis kehidupan yang cukup kompleks, kenapa bisa seperti itu. Hal itu dikarenakan manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya, dimana manusia memiliki banyak kelebihan dibandingkan hewan, tumbuhan dan lain. Manusia memiliki hawa nafsu, memiliki pola pikir akan sesuatu, memiliki fisik yang lebih sempurna. Sehingga manusia mempunyai ambisi dan keinginan masing-masing untuk kehidupannya sendiri.

Karena Manusia pada dasarnya  mimiliki sifat-sifat diatas maka tentunya dalam mencapai tujuannya tersebut manusia memiliki visi dan misi masing-masing yang biasanya menggunakan kekuatan yang lebih besar untuk menindas yang dibawahnya. Maka hal seperti itulah yang kadang membuat manusia memberikan penderitaan kepada manusia lain yang didasari kesenjangan dari segala aspek, terutama dijaman sekarang ini aspek sosial paling menonjol.

Penderitaan yang terjadi pada manusia sangat berpengaruh terhadap kejiwaan dan keselarasan hidup dari manusia tersebut dan biasanya manusia lebih suka menyalahkan Tuhan yang menyebabkan segala penderitaan yang terjadi kepadanya sehingga ada yang menjauhkan diri dari Tuhan dan mengambil jalan keluar dengan bunuh diri. Sebenarnya yang harus dilakukan saat kita sedang memiliki masalah adalah dengan menghadapinya lalu mencari jalan keluar yang terbaik dan mengambil segala kesimpulan yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam menjalani hidup ini.

Bisa kita lihat sendiri bahwa ada banyak sekali rakyat Indonesia yang menderita di Negara sendiri.

Bisa kita lihat di pinggir jalan, pinggir kali, banyak sekali masyarakat yang menderita dikarenakan kekurangan ekonomi.
Banyak rakyat Indonesia juga yang tidak bekerja sampai melakukan hal 2 yang tidak mereka inginkan, itu semua karena penderitaan yang mereka alami

Selain itu dari hari kehari kita semakin banyak melihat kemiskinan dan penderitaan rakyat indonesia, yang semakin meluas dan melebar kemana-mana dan seharusnya mereka bisa merasakan kenikmatan dan kemerdekaan yang mereka miliki tapi malah sebaliknya. Bukan merasakan kenikmatan tapi malah merasakan kemisiknan dan kesengsaraan tersebut dikarenakan ulah oleh segelintir orang-orang yang serakah, yang mana mereka sudah merasakan banyak tapi mereka masih saja belum puas.

Seperti yang banyak kita lihat penderitaan rakyat Indonesia yang terjadi di daerah-daerah seperti Papua banyak dari mereka yang awalnya mempunyai tempat tinggal akhirnya sekarang mereka kehilangan tempat tinggal dan sampai sekarang tidak jelas penyelesaiannya.

Oleh karena itu bersyukurkah kita kepada tuhan yang telah menciptakan alam semesta ini beserta isinya karena kita sampai saat ini masih diberikan kenikmatan yang lebih dari mereka, banyak rakyat Indonesia yang kelaparan tidak bisa makan karena factor ekonomi.

Dari sini dan pengalaman yang saya lihat saya mulai belajar akan artinya hidup, bahwa sebenarnya manusia yang mau berusaha dan berdoa saat suka maupun duka dia akan terhindar dari penderitaan.
      
      Maka dapat disimpulkan bahwa kehidupan manusia tidaklah hanya ada penderitaan dan kepedihan yang mewarnai kehidupan ini tetapi ada juga kebahagiaan. Dan yang terpenting dari hal itu adalah mengambil kesimpulan atau hikmah dari setiap permasalahan yang ada dengan benar dan menjadikannya sebagai pengalaman untuk menjalani hidup ini lebih baik, dan ketika kehidupan ini tidak kamu jalani dengan penuh kesungguhan, maka kamu akan menjalalaninya dengan penuh kelemahan dan merasa terbebani.
     
      Penderitaan yang kita alami memang lah sulit untuk menjalaninya, akan tetapi kita harus mensyukuri kesulitan tersebut. Karena terkadang kesulitan tersebut akan mengantarkan kita pada hasil yang lebih baik dari apa yang kita bayangkan. Karena setiap masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya. Hanya saja mungkin kita tidak melihatnya, namun Tuhan tahu jalan keluarnya, maka dari itu selalu yakin dan percaya pada-Nya.

Dalam hal ini memang menerima segala kepedihan yang kita alami sangatlah sulit, oleh karena itu untuk lebih mudah menerima segala kesedihan dan penderitaan hidup kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan berserah diri dan menerima segala sesuatu yang ada dengan syukur selalu. Karena dalam masalah yang ada saya yakin ada makna yang tersembunyi didalamnya sehingga kita harus membuatnya menjadi pengalaman hidup.

JADIKAN PENDERITAAN HIDUP KITA SEBAGAI PERSIAPAN UNTUK MENERIMA KEPERCAYAN BESAR DARI ALLAH


Sumber :


0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates