RSS

TULISAN 5.Manusia dan Keindahan




HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEINDAHAN


Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Pada dasarnya manusia dan keindahan memang tidak akan bisa untuk dilepaskan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan dalam berbagai bentuk kesenian, contohnya : Seni Rupa, Seni Suara dan Seni Pertunjukan yang nantinya akan menjadi suatu bagian dari kebudayaannya yang dapat kita banggakan.  Keindahan pada dasarnya adalah almiah. Alam itu ciptaan tuhan. Ini berarti bahwa keindahan itu ciptan tuhan. Keindahan menyangkut kualitas hakiki dari segala benda yang mengandung kesatuan , keselarasan , kesetangkupan, keseimbangan, dan pertentangan.

Dari ciri-ciri itu diambil kesimpulan,bahwa keindahan tersusun dari keselarasan dan pertentangan dari garis, warna, bentuk, nada dan kata-kata.Adapun definisi manusia adalah sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos.

Adapun cara untuk mengetahui suatu keindahan itu sangat bersifat objektif Keindahan merupakan suatu persoalan filsafati yang jawabannya beraneka ragam. Salah satu jawaban mencari ciri-ciri umum yang ada pada semua benda kwalitas pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Dan cara-cara bisa dengan renungan atau semisalnya. Oleh karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup dari manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. 

 Karena manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara, maupun seni pertunjukan) yang nantinya menjadi bagian dari kebudayaannya yang dapat dibanggakn dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusia sangatlah luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradapan teknologi, sosial dan budaya. Karena itu keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.


Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan merupakan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang slalu bertambah. Yang tidak mengandunag kebenaran berarti tidak indah. Karena itu tiruan lukisan monalisa tidak indah, karena dasaranya tidak benar. Sudah tentu kebenaran disini bukan kebrnaran ilmu, melainkan kebenaran menurut konsep seni. Dalam seni, seni berusaha memberikan makna sepenuh-penuhnya mengenai obyek yang diungkapkan.

Manusia menikamti keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman keindahan biasanya bersifat terlihat (visual) atau terdengan (auditory) walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut

Keindahan tersebut pada dasarnya adalah alamiah. Alam itu ciptaan Tuhan. Alamiah itu adalah wajar tidak berlebihan dan tidak kurang. Konsep keindahan itu sendiri sangatlah abstarak ia identik dengan kebenaran. Batas keindahan akan berhenti pada sesuatu yang indah dan bukan pada keindahan itu sendiri. Keindahan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah,  sedangkan yang tidak ada unsur keindahannya tidak mempunayi daya tarik. Orang aynag mempunayai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan benda lainnya. Dengan kata lain imajinasi merupakan proses menghubungkan suatu dengan benda lain sebagai objek imajinasi. Demikian pula kata indah diterapkan untuk persatuan orang-orang yang beriman, para nabi, orang yang mengahargai kebenaran dalam agama, kata dan perbuatan serta orang-orang yag saleh merupakan persahabatan yang paling indah.

Jadi keindahan mempunyai dimensi interaksi yang sangat luas baik hubungan manusia dengan benda, manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, dan bagi orang itu sendiri yang melakukan interaksi. Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosostan moral, mengenai perubahan nila-nilai dalam masyarakat, mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnaya. Tujuannya tentu saja dilihat dari segi nilai kehidupan manusia, martabat ,anusia, keagungan bagi manusia secara kodrati.

Sumber :


0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates