RSS

Ekonomi Syariah Vs Ekonomi Liberal




Dalam perkembangan ekonomi setiap Negara mempunyai tipe perekonomi yang berbeda. Begitu pula di Indonesia. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini muncul istilah ekonomi syariah. Mungkin ekonomi syariah bagi sebagian masyarakat masih jarang yang mengetahuinya, atau bahkan tidah tahu sama sekali. Memang kemunculan ekonomi syariah baru-baru ini menjadi gencar dibicarakan. 

Padahal semenjak zaman Rasullulah perekonomian berbasis syariah sudah di terapkan. Lalu apa itu ekonomi syariah ? pasti ini yang mungkin menjadi pertanyaan di benak orang yang belum mengenalnya. Ekonomi syariah menurut wikipedia adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi liberal .

Masyarakat biasanya lebih mengenal ekonomi liberal dikarnakan berpikiran bahwa negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa sana menggunakan ekonomi tersebut. Namun pada kenyataannya ekonomi syariah jauh lebih menguntungkan ketimbang ekonomi liberal.
 
Berikut adalah ciri-ciri ekoniomi syariah dan ekonomi liberal :
Ciri-Ciri
Ekonomi Syariah Ekonomi Liberal
a.       Memberikan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha • Semua sumber produksi adalah milik masyarakat individu
b.      Tidak adanya riba • Masyarakt bebas memiliki sumber-sumber produksi
c.       Ekonomi syariah menekankan 4 sifat yaitu :
a)      Kesatuan
b)      Keseimbangan
c)      Kebebasan
d)     Tanggungjawab • Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi
d.      Timbul persaingan dalam masyarakat dalam mencari keuntungan

Berdasarkan ciri-ciri di atas sudah jelas bahwa tujuan ekonomi syariah adalah keselarasan dan kesejahteraan di dunia, bukan hanya untuk umat muslim. Bahkan bangsa barat sekalipun yang notabennya beragama non-muslin sekarang sudah mengacu kepada ekonomi syariah. Mengapa demikian karena ekonomi syariah menerapkan prinsip kebersamaan dan keadilan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates