RSS

Makna Shalat Sunnah




SHALAT DHUHA SETIAP PAGI  KUNCI MERAIH REZEKI SEPANJANG HARI


Dalam doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT, kita selalu meneyelipkan permohonan doa agar di mudahkan meraih rezeki-Nya dari arah yang tak terduga ....min haitsu laa yahtasib. Pertanyaannya, bagaiman agara rezeki kita dimudahkan? Adakah ibadah yang membantu kita melancarkan datangnya rezeki.

Ternyata Rasulullah telah mencontohkannya untuk kita teladani, yaitu dengan shalat dhuha.  Shalat dhuha adalah ibadah shalat yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Shalat sunnat ini yang dilakukan seorang muslim saat waktu dhuha. Waktu dhuha tiba saat matahari mulai naik, kira-kira tujuh hasta setelah terbitnya. Jumlah rakaat shalat dhuha, dari dua hingga duabelas rakaat. Meskipun bernilai sunnah shalat ini mengandung manfaat yang sangat besar bagi umat islam. Salah satunya adalah membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahannya.

Rasulullah bersabda dalam Hadists qudsi, “Allah SWT berfirman, “Wahai anak adam, jangan sekali-kali engaku mals mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim dan Thabrani). Dalam Hadist yang lain dikatakan, “Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau di tempat shalatnaya setelah subuh atau melakukan i’tikaf, berzikir dan melakukan dua rakaat shalat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih lauatan.” (HR Abu Daud)

“Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia aharus disedekahkan untuk setiap ruas itu. “Para sahabat bertanya, “siapa yang kuat melaksanaknnya itu, ya Rasulullah?Beliau menjawab, “Dahak yang di masjid itu lalu ditutupinya denagn tanah, atau menyingkirkan sesuatu gangguan dari tengah jalan itu berarti sedekah. Atau sekiranya tidak dapat melakukan itu, cukuplah dengan diganti menegerjakan dua rakaat shalat dhuha. (HR Ahmad dan Abu Daud)

Shalat sunnah sangat dianjurkan. Karena ada faedah yang terkandung didalmnya. Salah satunya untuk membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahannya. Diantara shalat sunnah tersebut adalah shalat dhuha. Hadist Rasulullah SAW terkait shalat dhuha antar lain :”siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan.” (HR Turmudzi)

Rezeki adalah hak semua orang dan kemiskinan mendekati kekufuran, maka ibadah dan usaha adalah jawabannya. Dengan mengenal keutamaan dan keajaiban shalat dhuha, semoga kita akan lebih tergerak untuk melaksanakan shalat sunnah ini.
Semoga bermanfaat bagi yang membacanya... Segala puji bagi Allah, yang dengan nikmat-Nya sempurnlah semua kebaikan....
Salam terkasih., dari sahabat untuk sahabat..
Semoga tulisan ini membuka pintu hati yang telah lama terkunci..



#BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI#

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Saling berbagi :D. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates